11 Oktober, 2008

Solusi Murah Internetan, Mau?


Salam rimba,

Kenapa ya Akang-akang dan Teteh-teteh kok pada 'gak mo muncul di forum kita? Jawabannya bisa jadi sibuk dengan pekerjaan, keluarga, dan lain-lain. Atau jangan-jangan, karena masalah koneksi dan tarif internet yang mahal (kayak Kang One, tuh. Kecian de 'lu), padahal hari gini 'gak mahal-mahal amat, kok.

Caranya gini:
1. Tanya Bongky.
2. Kalo masih 'gak ngerti, lihat point 1. He.. he.. he..

Gunakan HP or USB modem dengan jaringan CDMA, HP-nya harus yang pake modem + kabel data USB. Banyak macemnya lho, kebanyakan sih Nokia. Kemudian pilih kartu RUIM CDMA-nya (Mobile8, Flexy Instant, Esia, Smart, StartOne, dll). Kalo gak mo pusing, pilih yang bundled HP+kartu.
Kalo pengalaman Bongky sih, jangan gunakan telkomnet atau flexy instant (udah lelet, nyekek lagi) or GSM (gak cepet-cepet amat tapi mahal). Saat ini, Bongky pake kartu StarOne PrePaid & PostPaid. Tanya kenapa? Bongky sih rekomendasikan yang ini, StarOne dari Indosat. Simak aja dulu ..., baru komentar.

StarOne dari Indosat

Jangkauan. Untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya (Soreangnya 'Bahndul, Padalarang, Lembang, Cicalengka, dll.), sejauh ini Bongky belum pernah kekurangan sinyal operator CDMA yang satu ini. Aman lah buat internetan murah, meriah, barokah mah.

Bandwidth. Kecepatan yang diusung StarOne ini maks. 115.200 kbps, cukup cepat 'kan. Tentunya, tergantung dari peak time (waktu sibuk) juga dan kualitas modem HP yang digunakan. Saat ini Bongky pake Nexian NX-910 (bawaan paket bundled StarOne Post Paid, gratis lho!), dan Nokia 6275+kabel data DKU-2..
N-6275 (modem speed 460,8 kbps) jauh lebih cepat dan stabil dibanding NX-910 (modem speed 230,4 kbps), wajar, karena bandingan harganya pun beda jauh. Di pasaran harga baru NX-910 Rp. 650 rb-an dan N-6275 Rp. 2,1 jt-an (Oktober 08). Duit mah teu ngabobodo, nya. Tapi, dengan menggunakan HP yang sejenis NX-910 pun sudah memadai, apalagi gratis.

Tarif. StarOne menawarkan 2 cara pembayaran, yakni pre paid (pra bayar) dan post paid (pasca bayar). StarOne Pre-Paid memberikan pilihan penggunaan tarif berdasarkan waktu (time base) atau kilo byte (volume base). Tarif time base = Rp. 75,- per menit, bisa lebih murah lagi (Rp. 50,- menit) dengan paket ngorbit. Tarif volume base Rp. 1,- per kilo byte (upload+download) atau Rp. 1.000,- per 1 mega byte.
StarOne Post-Paid sementara ini hanya menggunakan metode tarif volume base. Biaya berlangganan internetnya saja per bulan Rp. 50 rb untuk kuota 350 MB/bulan (jatuhnya Rp. 0,143 per KB) atau Rp. 100 rb dengan kuota 1 GB/bulan (jatuhnya Rp. 0,1 per KB). Murah 'kan?

Tip dan trik Penggunaan. Beli 2 kartu perdana StarOne (Harga di Padalarang Rp. 5.500 dgn isi pulsa Rp. 12.000), aktifkan akses internetnya via SMS ketik NET kirim ke 799. Setelah aktif, registrasikan tarif internet untuk kartu pertama dengan modus time base via SMS ketik REG TIME kirim ke 799. Selanjutnya, kartu kedua dengan modus volume base ketik REG VOL kirim ke 799. Lalu dial up internet seperti biasa dengan mendial no #777, isi tab username dengan starone (huruf kecil) dan tab password dengan indosat (huruf kecil).
Gunakan kartu bermodus volume base saat browsing, baca artikel, posting blog, lihat e-mail atau chatting, dan gunakan kartu bermodus time based saat men-download file atau up-date program aplikasi dan anti virus. Lho, kok begitu?

Saat menggunakan modus volume base, kenaikan jumlah byte ditentukan oleh aktivitas kita di internet dan website yang kita kunjungi. Penghitungan besaran jumlah byte berjalan saat kita meng-klik button atau link, dan tergantung pada tampilan warna, animasi, spam atau iklan di situs yang kita kunjungi. Penghitungan jumlah byte praktis berhenti saat kita hanya membaca dan tidak meng-klik button atau link apa pun kecuali tombol gulung (scroll button) di situs yang kita kunjungi, selama tidak ada tampilan animasi, spam atau iklan. Dengan demikian, kita bisa on-line terus tanpa diburu waktu. Terkadang, sampai 2 jam on-line hanya pakai tak lebih dari 5 MB, setara Rp. 5 rb pre paid atau Rp. 750 post paid. Bandingkan kalau menggunakan modus time base, untuk on-line 2 jam kita membayar Rp. 9 rb.
Saat menggunakan modus time base, dasar perhitungannya adalah waktu kita on-line, berapa pun jumlah byte yang terpakai tidak dihitung. Sangat menguntungkan saat kita men-download file. Sebagai ilustrasi, dengan menggunakan HP Nokia 6275, file seukuran 20 MB dapat didownload dalam waktu sekitar 15 menit, setara Rp. 1.125,. Bandingkan dengan modus volume base, tentunya harus kita bayar Rp. 20 rb dengan kartu pre paid atau Rp. 3 rb dengan kartu post paid. Bagaimana kalau kita download file seukuran 100 MB?
Nah, ngerti kan. Sekarang tinggal kita yang pandai-pandai memilih modus mana yang akan kita pakai.

Tips untuk volume base:
- Matikan semua program auto update untuk software dan anti virus dari komputer.
- Jangan digunakan untuk meng-upload/download file.
- Hindari penggunaan software modem accelerator.

Tips untuk modus time base:
- Gunakan HP dengan modem berkualitas baik.
- Sebelum file didownload, kumpulkan dulu beberapa file dengan software download manager.
- Jangan lupa men-disconnect akses internet saat kita akan off-line.


Dah dulu ah..., lain kali Bongky akan bahas "Apa Itu Modem Accelerator dan Download Manager". Semoga bermanfaat buat semua Akang dan Teteh. Happy blogging........

Kepencintaalamannya kapan dong...

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Agung 'Bongky' Biantoro  |  Template by Blogspot tutorial